Selasa, April 24, 2012

Aquamarine atau blue berly


Aquamarine di sebut dengan batu keberanian atau courage stone.

Aquamarine memiliki warna biru yg luarbiasa indahnya sehingga di sebut warna abadi,karena memiliki warna dari warna biru langit yg terang sampai dengan warna biru laut yg gelap yang di sebut juga warna kehidupan.
Karena warnanya yg indah inilah maka para pembuat perhiasan mudah untuk memotongnya menjadi bentuk apa saja yg disukainya, sehingga banyak perhiasan yg dibuat dari aquamarine ini

Dan para wanita di dunia menyukainya, karena macthing dgn warna kulit ataupun warna mata.

Selain itu Aquamarine dapat meningkatkan daya tangkap. Dan energinya dapat mengurangi polusi.

Aquamarine juga dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk mengerti orang lain atau toleransi.

Menurut mitosnya aquamarine di sebut dgn lucky stone oleh para nelayan, karena melambangkan sosok mermaids atau puteri duyung, yg konon di percaya bisa menghindari badai.
Warna biru dari aquamarine ini bisa membangkitkan rasa percaya diri, friendship, harmony, trust, dan rasa simpati. Sehingga bisa menciptakan everlasting relationship.

Ini juga yg menyebab Auqamarine sering dibuat sebagai cincin pertunangan ataupun pernikahan, karena dipercaya dapat meningkatkan kebahagian dalam pernikahan dalam kepercayaan Yunani

Selain itu di jaman pertengahan abad, para tentara percaya bahwa bila mengenakan aquamarine dapat membuat mereka invisible atau tidak terlihat.

Para bangasawan Eropa memakainya untuk menangkal racun.

Dan orang Romawi memakainya untuk menjaga kesehatan tenggorokan, liver dan perut.


Aquamarine bermanfaat dalam perawatan 'swollen glands'.  Aquamarines juga dapat di gunakan untuk menguatkan glands, gigi dan struktur tulang .

Dan yg paling bagus aquamarine dapat digunakan untuk merawat mata.

Selain itu Auqamarine merupakan batu kelahiran atau birthstone untuk bulan Maret.



Aquamarine memiliki kekerasan 7.5 to 8 mohs, termasuk dalam semi precious cyrstal.

Dan aquamarine memiliki unsur mineral yang sama dengan emerald, hanya beda warna saja, sama-sama dari keluarga berly.



Setiap kristal Aquamarine memiliki Clarity dan warna yg berbeda, demikian juga cara memolesnya mempengaruhi sparkly (pantulan sinar) dan warna-nya.


Ukuran tidak terlalu mempengaruhi nilai dari aquamarine, orang lebih prefer aquamarines yg 4 karat tetapi memiliki warna biru yang indah dengan clarity yg perfect dari pada 10 karat tetapi claritynya terrible atau warnanya memiliki low value.

Penilaian untuk warna dari:
highest value - medium value - medium low value - low value

Penilaian untuk cara memolesnya dari: perfect cut - ok cut - poor cut - bad cut.


Penilaian untuk claritynya dari :
perfect - fair - very poor - terrible










Di bawah ini contoh-contoh penilaian dari batu aquamarines.


Ini adalah warna yang paling indah dari aquamarine. Memiliki warna biru langit yang terang. Warna seperti ini paling susah di temukan dan memiliki harga yg plg tinggi=highest value.





Aquamarine ini memiliki warna 'unusually green' dan mengeluarkan warna yg lovely walaupun terlihat agak sedikit pucat. Sehingga termasuk dalam medium value.






Aquamarine ini memiliki biru yg sangat pucat. Sehingga untuk ukuran warna termasuk dalam medium low value. Tetapi memiliki ukuran pemolesan termasuk yang perfect.









Aquamarine ini bahkan terlihat tidak berwarna dan seharusnya di sebut white berly. Untuk ukuran warna aquamarine ini memiliki harga yg paling rendah.
Selain itu untuk penilaian dalam hal memolesnya termasuk dalam kategori poor cut, karena cahayanya tidak memantul keluar, seperti tertelan ke tengah. Dari tengah-nya kita bisa melihat bagian belakangnya, seakan-akan bolong.




Auqamarine ini seperti tidak terpotong. Dan sudut-sudut yg  ada terpotong dgn 'angles' yg tidak tepat' sehingga mengurangi cahaya dan warnanya, sehingga di kategorikan paling rendah yaitu bad cut





Auqamarine ini memiliki sudut simetris yg sempurna, tetapi karena kita bisa melihat tengahnya alias tertembus langsung, sehingga warnanya tidak terpantul dgn baik, maka di kategorikan ok cut








Ini adalah contoh perfect cut, karena memiliki sudut simetris yg sempurna dan kita bisa melihat sparkle atau pantulan sinar dari berbagai arah. Dan perfect clarity, karena tidak terlihat adanya goresan didalam batu.







This very poor clarity, dengan berbagai macam inclusion di dalam kristal, membuatnya tidak terlalu transparan, dan bernoda alias ada spot-nya.








Ini adalah fair clarity dengan adanya sedikit goresan atau inclusion di dalam batu. Tetapi untuk pemolesan termasuk yg perfect.







Aquamarine ini memiliki clarity plg rendah yaitu terrible.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar